Blogger Widgets hendra saputra: makalah bahasa pemrograman

hendra saputra

Read more: http://www.rayhanzhampiet.com/2012/01/cara-membuat-teks-pada-kursor.html#ixzz3HPNZVfzz

Selasa, 10 Maret 2015

makalah bahasa pemrograman



MAKALAH
 Basaha pemrograman

Kelas : Ti.3F
Hendra saputra
1304411067




 








FAKULTAS TEKNIK KOMPUTER
UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO
 TAHUN AKADEMIK 2014
KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya. Sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini sebagai tugas mata kuliah Organisasi Arsitektur Komputer
Kami telah menyusun laporan ini dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. Namun tentunya sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Harapan kami, semoga bisa menjadi koreksi di masa mendatang agar lebih baik lagi dari sebelumnya.
Tak lupa ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Dosen Pembimbing atas bimbingan, dorongan dan ilmu yang telah diberikan kepada kami. Sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan laporan ini tepat pada waktunya dan insyaAllah sesuai yang kami harapkan. Dan kami ucapkan terimakasih pula kepada rekan-rekan dan semua pihak yang terkait dalam penyusunan makalah ini.
Pada dasarnya laporan yang kami sajikan ini khusus mengupas tentang Manusia dan masyarakat .Untuk lebih jelas simak pembahasannya dalam makalah ini.
Mudah-mudahan makalah ini bisa memberikan sumbang pemikiran sekaligus pengetahuan bagi kita semuanya. Amin.









DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL....................................................................................... i       
KATA PENGANTAR..................................................................................... ii      
DAFTAR ISI................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar belakang...................................................................................... 1
B.     Rumusan masalah................................................................................. 1
BAB II PEMBAHASAN
A.    Bahasa pemrograman...................................................................... 2
B.     Aplikasi sofwere............................................................................. 8
C.     Sofwere aplikasi bisnis................................................................... 13
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulaan......................................................................................... 18
B.     Saran .................................................................................................... 18
C.     DAFTAR PUSTAKA.......................................................................... 19












BAB I
PENDAHULUAN

A.                Latar belakang
Bahasa  merupakan salah satu alat komunikasi. Lewat bahasa manusia dapat berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, manusia juga menggunakan bahasa untuk membuat program dalam komputer.
Program dapat diartikan suatu kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasinya yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer. Tujuan pembuatan program untuk m empermudah user dalam memberikan instruksi / perintah ke komputer. Suatu proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah (algoritma) dalam komputer disebut pemrograman.
B.                 Rumus masalah
1.      Apakah pengertian dari bahasa pemrograman?
2.      Bagaiman cara mengatasi aplikasi sofwere?
3.      Ada berapakah jenis sofwere?








BAB II
PEMBAHASAN

A.                Bahasa pemrograman
1.                       Bahasa pemrograman generasi pertama
Bahasa Pemrograman Generasi Pertama adalah bahasa mesin atau level instruksi dan data yang memerintahkan hardware komputer agar dapat bekerja dengan menggunakan kode-kode biner (binary digit) terdiri dari angka 0 dan angka 1. 
Disebut generasi pertama karena merupakan jenis yang paling awal dikembangkan ahun 1940-an dan awal 1950-an semua program harus dikodekan dalam bahasa mesin, sehingga pemograman dalah bahasa mesin:
·           Akan menyita waktu dan kondusif untuk membuat kesalahan.
·           Berbeda untuk setiap jenis computer, sehingga tergantung pada computer dan tidak setandar.
Semua program harus ada dalam bahasa mesin agar dapat dieksekusi, sehingga bahasa lain yang ditulis programmer perlu diterjemahkan oleh computer ke bahasa mesin untuk eksekusi.
Bahasa pemrograman generasi pertama berorientasi pada mesin. Program disusun dengan menggunakan bahasa mesin. Tentu saja program generasi ini sangat sulit untuk dipahami oleh orang awam dan sangat membosankan bagi pemrogram. Pemrogram harus benar-benar menguasai operasi komputer secara teknis. Namun bahasa generasi ini memberikan eksekusi program yang sangat cepat. Selain itu, bahasa mesin sangat bergantung pada mesin (machine dependent), artinya, bahasa mesin antara satu mesin dengan mesin lainnya akan berbeda.
a.       Komputer Generasi I (1940-1959)
ENIAC
Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) merupakan generasi pertama komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. Pgamroposal ENIAC dirancang oada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946.
ENIAC berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor. Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton, dan menempati ruangan 167 m2.
Mesin Von Neumann
Mesin ini dikembangkan oleh seorang ahli matamatika yaitu John Von Neumann yang juga merupakan kosultan proyek ENIAC. Mesin ini dikembangkan mulai tahun 1945 yang memberikan gagasan sebagai stored-program concept, yaitu sebuah konsep untuk mempermudah proses program agar dapat direpresentasikan dalam bentuk yang cocok untuk penyimpanan dalam memori untuk semua data. Gagasan ini juga dibuat hampir pada waktu yang bersamaan dengan Turing. Selanjutnya Von Neumann mempublikasikannya dengan nama baru yaitu: Electronic Discrete Variable Computer (EDVAC).
Von Neumann juga merupakan orang pertama yang mencetuskan istilah “Game Theory” yang kemudian berkembang menjadi ilmu tersendiri. Game theory bermanfaat untuk mensimulasikan permainan, seperti catur, bridge, dan sejenisnya. Dia juga bermanfaat untuk mensimulasikan perang.
Komputer Komersial Pertama
Pada pertengahan tahun 1950 UNIVAC mengalami kemajuan dalam beberapa aspek pemrograman tingkat lanjut, sehingga merupakan komputer general purpose pertama yang didesain untuk menggunakan angka dan huruf dan menggunakan pita magnetik sebagai media input dan output-nya. Inilah yang dikatakan sebagai kelahiran industri komputer yang didominasi oleh perusahaan IBM dan Sperry. Komputer UNIVAC pertama kali digunakan untuk keperluan kalkulasi sensus di AS pada tahun 1951, dan dioperasikan sampai tahun 1963.

2.                       Bahasa pemrograman generasi kedua
Bahasa pemrograman generasi kedua menggunakan bahasa rakitan (assembly). Sebagai pengganti kode-kode biner, digunakanlah kependekan dari kata-kata. Misalkan “MOV” untuk menyatakan “MOVE” dan JNZ yang berarti “jump non-zero”. Setiap instruksi dalam bahasa rakitan sebenarnya identik dengan satu instruksi dalam bahasa mesin. Bahasa ini sedikit lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin. Bahasa ini sedikit lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin mengingat perintah dalam bentuk kata-kata yang dipendekkan lebih mudah daripada mengingat deretan angka biner.
Berikut adalah contoh instruksi yang ditulis dalam bahasa rakitan akan menjadi seperti berikut:
Tampak bahwa penggunaan notasi seperti MOV AH, 02 jauh lebih mudah diingat atau dipahami daripada penulisan instruksi dalam bahasa mesin: B402 atau 1011 0100 0000 0010.
Second-Generation Language (2GL) atau Bahasa Generasi 2 adalah bahasa pemrograman assembler atau bahasa assembly yang sudah mengubah pernyataan dengan memasukkan unsur bahasa dalam instruksinya meskipun singkat sehingga lebih mudah dibanding bahasa mesin.
Ciri-ciri bahasa assembly:
·           Kode ditandai dengan nama yang mudah diingat seperti ADD,SUB,dan MULT
·           Alamat penyimpanan (storage addresses) nyata dimna data ditempatkan dapat didefinisikan dengan nama-nama seperti AMT1 dan AMT2 untuk memudahkan rujukan.
Sama seperti bahasa mesin, bahasa assembly tergantung computer (tidak portable). Untuk bahasa assembly masih digunakan karena begitu mirip dengan bahasa mesin dengan kode yang sangat efisien untuk membuat sytem software lebih disukai menggunakan bahasa assembly karena sangat efisien dalam penggunaan computer(butuh memori yang kecil).
3.                  Bahasa pemrograman generasi ketiga
Bahasa pemrograman generasi ketiga menggunakan pendekatan prosedural. Sebagai bahasa prosedural, pemrogram perlu menuliskan instruksi-instruksi yang rinci agar komputer melaksanakan tugasnya. Program ditulis dengan menggunakan kata-kata yang biasa dipakai manusia, seperti WRITE untuk menampilkan sesuatu di layar dan READ untuk membaca data dari keyboard.
Bahasa generasi ketiga seringkali disebut sebagai high level language disebabkan bahasa ini menggunakan kata-kata yang biasa digunakan manusia. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang masuk dalam kategori generasi ketiga yaitu ADA, ALGOL, C, BASIC, COBOL, FORTRAN, dan PASCAL.
Third-Generation Language (3GL) atau Bahasa Generasi 3 adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dengan memasukkan unsur kata yang dapat dimengerti karena pemrosesan program oleh komputer melalui tahap-tahap berikut :
a.         Tahap 1: Compilation (Compiler) yaitu suatu perangkat lunak yang berfungsi menterjemahkan bahasa pemrograman tingkat tinggi menjadi bahasa mesin oleh Compiler karena sebenarnya komputer hanya dapat mengerti bahasa mesin saja.
b.         Tahap 2 : Link yaitu berfungsi untuk menghubungkan program yang telah diubah ke bahasa mesin tadi dengan fungsi pustaka dan informasi tentang karakteristik mesin komputer yang digunakan.
c.         Tahap 3 : Execution yaitu tahapan dimana program akan diproses mesin sehingga menghasilkan keluaran yang dikehendaki oleh programmer. 
Contoh bahasa tingkat tinggi:  FORTRAN, COBOL, PASCAL,BASIS,MODULA-2,dll.
4.                  Bahasa pemrograman generasi keempat
Bahasa pemrograman generasi keempat dirancang untuk mengurangi waktu pemrograman dalam membuat program sehingga diharapkan produktifitas pemrogram jadi meningkat dan program dapat dibuat dalam waktu yang lebih singkat. Alhasil, bahasa pemrograman generasi keempat yang dikenal dengan sebutan 4GL dapat dipakai oleh pemakai yang kurang mengetahui hal-hal teknis tentang pemrograman tanpa bantuan pemrogram profesional. Sebagai contoh pemrogram dapat membuat program dengan Microsoft Access di lingkungan PC dengan mudah.
Bahasa pemrograman generasi keempat biasa disebut sebagai high level language atau bahasa berorientasi pada masalah (problem oriented language) karena memungkinkan pemakai menyelesaikan masalah dengan sedikit penulisan kode dibandingkan pada bahasa prosedural. Bahasa pemrograman generasi keempat menggunakan pendekatan non-prosedural. Untuk mendapatkan suatu hasil, seorang pemakai tidak perlu memberitahukan secara detail tentang bagaimana mendapatkannya. Gambar di bawah ini memberikan contoh yang menunjukkan perbedaan bahasa prosedural dan non-prosedural dalam memperoleh data tentang seorang mahasiswa.
Fourth-Generation Language (4GL) adalah bahasa pemrograman yang telah didesain lebih “natural”,sehingga makin mudah digunakan karena sudah mendekati bahasa percakapan sehari-hari dan sudah dapat untuk mengakses database. Contoh : LIST NAMA, ALAMAT, NILAI FOR NILAI > 7 .
Ciri-ciri 4GL:
·      Mudah untuk dipelajari dan dipahami
·      Tepat untuk mengakses database
·       Memfokuskan pada memaksimalkan produktivitas manusia dari pada minimisasi waktu computer
·       Tersedia dalam software paket yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang diinginkan.

B.                     Aplikasi Sofwere
1.                  Software aplikasi  adalah perangkat lunak penunjang produktivitas kerja yang memberika peranan dan manfaat dalam optimalisai mutu kerja.
2.                  Software aplikasi  adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media. suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
 Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.  Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
3.                  Software aplikasi  adalah suatu program Komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti membuat Document, memanipulasi foto, membuat laporan keuangan atau merancang rumah. 
4.                  Software aplikasi adalah program komputer yang mengandalkan perintah-perintah yang disampaikan oleh seorang user atau pengguna komputer agar aplikasi tersebut dapat berjalan sesuai perintah si pengguna tersebut. Software aplikasi dibuat untuk digunakan melakukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan komputer. Dengan adanya software aplikasi ini seorang User atau pengguna komputer dapat mempermudah pekerjaan mereka secara instant.
5.                  Software aplikasi merupakan perangkat lunak yang biasa digunakan oleh siapa saja untuk membantu pekerjaannya. Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di install di dalam komputer kita.
 Application Software dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu
1.       Program Aplikasi, Program aplikasi merupakan program yang langsung dibuat oleh seorang programmer yang disesuaikan dengan kebutuhan seseorang ataupun untuk kebutuhan suatu perusahaan, biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa pemrograman. Misalnya menggunakan visual basic, PHP ataupun bahasa pemrograman apa saja yang mendukung. Contoh dari program aplikasi adalah : Program penggajian karyawan (Payroll) Program penjualan tiket pesawat/kapal Laut Program kasir Program billing warnet/wartel
  1. Program Paket, Program paket merupakan program khusus dalam paket- paket tertentu yang dibuat oleh software house ataupun langsung bawaan dari suatu Sistem Operasi.Dibawah ini akan diberikan contoh macam-macam program aplikasi paket, yaitu :
  2. Program pengolah kata, contohnya adalah : Microsoft Word, Open Office.org Writter, ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K Writter, Amipro, dan lain-lain.
  3. Program pengolah angka, contohnya adalah : Microsoft Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dan lain-lain.
  4. Program presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power point, Open Office.org Impres, Magic Point, Corel Presentation, Apple Work, dan lain-lain.
  5. Program design grafis, contohnya adalah : Adobe Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad, dan lain-lain.
  6. Program browser, contohnya adalah : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Communicator.
  7. Program database, contohnya adalah : Microsoft Access, Open Office.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dan lain-lain.
  8. Program animasi, contohnya adalah : Macromedia Flash, Swish, dan lain-lain.
  9. Program multimedia, contohnya : Windows Media Player, WinAmp, Cyberlink, Real Player, DVD Player,
 Software aplikasi terdiri dari :
ü  Bahasa pemrograman (programming language)
ü   Program aplikasi (Application Program)
ü  Program paket / paket aplikasi (packet program)
ü   Program utilitas (utility program)
ü  Games dan entertainment dan lain-lain

Untuk mendukung operasi software aplikasi di atas tugas pengguna komputer dibagi menjadi :
ü  analis system
ü   programmer
ü   operator
ü  administrator database, yaitu orang yang bertugas melakukan definisi dan manipulasi software database. Ini dibutuhkan jika software yang dioperasikan akan menggunakan aplikasi database.
ü  administrator jaringan, yaitu orang yang bertugas mengelola software system operasi, software aplikasi yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer.
Dari segi kegunaan dan manfaatnya, dibagi 3 jenis software aplikasi. Jenis-jenis software aplikasi tersebut adalah :
1.      Software aplikasi media pekerjaan
Software aplikasi sebagai media pekerjaan adalah software atau program komputer yang digunakan untuk mempermudah dalam bidang pekerjaan. Contoh software aplikasi dalam mempermudah bidang pekerjaan adalah :
a.        Microsoft Office : digunakan dalam pengolahan data seperti pembuatan surat.
b.        Corel Draw : digunakan dalam pembuatan logo, kartu nama, design kaos, dan lain lain.
c.         PhotoShop : digunakan dalam memanipulasi foto, design brosur, design kaos, design logo dan lain sebagainya.
d.         Adobe premiere pro : digunakan dalam penyuntingan video, tanpa aplikasi ini mungkin tidak ada hasil film sebagus seperti sekarang.
2.       Software aplikasi media hiburan
Software aplikasi sebagai media hiburan adalah merupakan program yang paling sering digunakan atau dipakai ketimbang aplikasi yang berguna di bidang pekerjaan. Dari fungsi sendiri pastinya teman-teman sudah tau, dan menurut saya tidak perlu diperjelas lagi tentang hal ini, hehe. Contoh aplikasi yang paling dominan pada media hiburan adalah software game.
3.       Software aplikasi media komunikasi
Software aplikasi sebagai media komunikasi adalah software yang digunakan seorang pengguna komputer agar dapat saling berhubungan atau berkomunikasi dengan pengguna komputer lain di berbagai tempat maupun berbagai belahan dunia. Sebenarnya mungkin banyak sekali aplikasi yang berfungsi sebagai media komunikasi, namun disini saya hanya akan memperjelas tentang satu program saja.
Contoh dari semua aplikasi media komunikasi salah satunya adalah Yahoo Messengger atau yang sering kita sebut dengan “YM”. Aplikasi ini dapat berbagi obrolan yang berupa beberapa teks atau kalimat dari orang satu ke orang yang lain, namun dengan catatan merka harus saling terhubung satu sama lain. Tidak hanya obrolan melalui teks, mereka juga dapat saling bertatap muka melalui WebCam.
a.      Sistem Software
ü  Adalah sekumpulan program yang ditulis untuk melayani atau menunjang program lainnya. Beberapa sistem software seperti compiler, Komponen pengumpul data : yang mengumpulkan dan menyusun informasi dari        lingkungan external.
ü  Komponen analisis : yang mentransformasikan informasi yang diperlukan oleh aplikasi
ü  Komponen kontrol : yang memberikan respon kepada lingkungan external
ü  Komponen monitor : yang mengkoordinasi semua komponen-komponen lainnya, sehingga respons real time yang berkisar 1 milisecond sampai 1 menit dapat dipertahankan.Perlu dicatat bahwa istilah real time berbeda dari istilah interactive atau time sharing. Sistem real time harus memberikan respons pada waktu yang ditentukan, sedangkan pada sistem interactive atau time sharing respons time biasanya melebihi batas waktu yang ditentukan tanpa merusak hasil.
ü  editor, komponen-komponen sistem operasi, driver dan prosesor telekomunikasi. Real Time software Software yang mengukur, menganalisis dan mengontrol kejadian yang sesungguhnya terjadi di dunia. Elemenelemen

C.                     Sofwere Aplikasi Bisnis
Aplikasi bisnis yaitu suatu aplikasi komputer atau perangkat lunak komputer untuk menunjang kegiatan bisnis suatu perusahaan. aplikasi ini kebanyakan digunakan untuk bisnis lewat media internet. Pada dasarnya teknologi informasi (aplikasi bisnis salah satunya) dapat dan memang sebaiknya dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk membuat usahanya semakin efisien, dan mendorong usaha tersebut memiliki daya saing yang lebik dibanding usaha lainnya. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan pelaku usaha diantaranya adalah
·           Pemasaran bisa lebih luas dan murah (internet marketing)
·           Perubahan desain bisa disimulasikan/dicoba coba dulu tanpa takut rusak, kehabisan bahan, dll (Fotoshop, paint, dll)
·            Prmosi bisa lebih menarik
·           Pengelolaan keuangan lebih cepat dan mengurangi risiko penyelewengan (aplikasi akuntansi)
·           Berbagai Informasi pelanggan bisa disimpan
·            Pelayanan bisa lebih cepat, contoh dengan barcode, kasir tidak perlu lagi mengetik kode barang
·           Prediksi penjualan bisa dilakukan
·           Dan masih banyak lagi:
·           Skala usaha masih terlalu kecil (meskipun banyak juga usaha kecil menjadi cepat besar karena memanfaatkan teknologi ini)
·           Biaya yang diperlukan lebih besar dari keutungan yang bisa diperoleh
·           Tidak ada SDM/karyawan yang bisa mengurus atau menanganinya
·           Karakteristik produk yang tidak mungkin dipasarkan secara umum
Lepas dari hal tersebut di atas, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan oleh pelaku usaha untuk mempermudah megelola usahanya. Disamping tidak perlu membeli (karena ada versi yang gratis), aplikasi tersebut juga relatif mudah digunakan. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya adalah :
1.              QSB
Aplikasi ini bermanfaat untuk membantu pelaku usaha dalam hal
·         Meramalkan nilai penjualan di masa yang akan datang dengan berbagai metode dan pendekatan
·         Menentukan jumlah produksi yang paling ‘pas’ dan perubahan yang diijinkan
·         Pembagian tugas karyawan yang paling efisien
·         Menentukan lokasi usaha yang paling optimal
·         Menentukan alokasi pengiriman barang
·         Menyelesaiakan masalah antrian yang terjadi
·         Dan masih banyak lagi
2.              QM for Windows
Aplikasi ini manfaatnya sama dengan aplikasi QSB di atas, namun versi gratisnyasudah tersedia di internet, hanya saja tidak semua fasilitas bisa digunakan.
3.               Invest
Aplikasi ini bermanfaat untuk pelaku usaha yang memiliki dana mengganggur dan ingin diinvestasikan ke surat berharga (Investasi ini tidak monopoli pengusaha dengan dana besar, UMKM pun bisa). Denga aplikasi ini, pelaku usaha akan dibantu menempatkan dana menganggurnya dengan pertimbangan-pertimbangan yang lebih bisa dipertanggung jawabkan.
4.               CDP
Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha yang sering dihadapkan pada banyak pilihan, ketika akan memutuskan sesuatu, misalnya :
·         Mesin dengan merk apa yang akan dipilih
·         Jenis transportasi apa yang akan dipakai untuk mengirim barang
·         Pemasok mana yang akan dipilih
·         Bentuk dan bahan kemasan yang akan digunakan, dll
5.               OpenOffice
Aplikasi ini menjadi pilihan apabila pelaku usaha ingin membuat dan mencetak berbagai dokumen usaha (surat penawaran, daftar barang, dll). Dengan aplikasi ini pula pelaku usaha bisa membuat anggaran, mengevaluasi kinerja/hasil usaha. Pelaku usaha juga bisa melakukan presentasi dengan lebih menarik dengan bantuan aplikasi ini, dan beberapa manfaat penting lainnya.
Aplikasi ini menjadi piliha, bila pelaku usaha tidak memiliki usaha untuk membeli Microsoft Office (Word, Excel, Power point, Access ), atau takun berdosa karena membeli bajakannya.
Contoh-contoh aplikasi bisnis:
Word Processing
  1. Microsoft Word
  2. Wordstar
Spreadsheet
  1. Microsoft Excel
  2. Lotus 123
Presentation
  1. Microsoft PowerPoint
  2. Macromedia Flash
Database
  1. Microsoft Access
  2. Base 
Software note taking
  1. Microsoft OneNote
  2. Evernote
  3. UberNote 
Software Personal Information Manager
  1. Microsoft Outlook
  2. Lotus Organizer
  3. Computer Organizer 
Bussiness Software for Phones
  1. Documents To Go 3.0 Main App
  2. Adao File Manager
  3. Tungle.me 
Bussiness Software Suite
  1. Microsoft Office
  2. Kingsoft Office
  3. Star Office 
Project  Management
  1. Onyaka
  2. Side Job Track
  3. Basecamp 
Accounting
  1. E-Accounting
  2. Bee Accounting
  3. Omega Accounting 
Document Management
  1. Microsoft Document Imaging
  2. doQuments
  3. DocMoto
  4. infoRouter
Enterprise Computing
  1. Enterprise Resource Planning System (ERPs)
  2. Content Management System (CMS)
  3. Human Resource Management Systems (HRM)
  4. Project Planning Tool
BAB III
PENUNUTUP

A.         Kesimpulan
Perkembangan software dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya software bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu software diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman software ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.
Oleh karena itu, kata dasar software berasal dari kata “software” yang berarti menghitung dengan kata lain komputer berati alat penghitung. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage, kecerdasannya logika matematikanya yang sangat sepesial membuatnya mampu menciptakan sebuah mesin yang dia sebut dengan nama Analytical Engine pada tahun 1882, sebuah mesin yang berfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan umum.
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan software. Sekarang software sangat berkembang pesat hampir setiap tahun software selalu mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan computer dimana saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan design dari software itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan computer maka hanya bias di kantor atau dirumah, kalau sekarang mereka bias menggunakan computer tersebut dimana saja yang mereka inginkan.
B.            Saran
Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.
Diharapkan dengan adanya teknologi computer dan softwarenya dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.

Kemajuan computer software dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi.
























DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar