MAKALAH
Basaha pemrograman
Kelas
: Ti.3F
Hendra saputra
1304411067
FAKULTAS TEKNIK KOMPUTER
UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO
TAHUN
AKADEMIK 2014
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur
kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan
hidayah-Nya. Sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini sebagai
tugas mata kuliah Organisasi Arsitektur Komputer
Kami telah
menyusun laporan ini dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. Namun
tentunya sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan dan kekurangan.
Harapan kami, semoga bisa menjadi koreksi di masa mendatang agar lebih baik
lagi dari sebelumnya.
Tak lupa ucapan
terimakasih kami sampaikan kepada Dosen Pembimbing atas bimbingan, dorongan dan
ilmu yang telah diberikan kepada kami. Sehingga kami dapat menyusun dan
menyelesaikan laporan ini tepat pada waktunya dan insyaAllah sesuai yang kami
harapkan. Dan kami ucapkan terimakasih pula kepada rekan-rekan dan semua pihak
yang terkait dalam penyusunan makalah ini.
Pada dasarnya
laporan yang kami sajikan ini khusus mengupas tentang Manusia dan masyarakat .Untuk lebih jelas simak pembahasannya dalam makalah ini.
Mudah-mudahan
makalah ini bisa memberikan sumbang pemikiran sekaligus pengetahuan bagi kita
semuanya. Amin.
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL....................................................................................... i
KATA
PENGANTAR..................................................................................... ii
DAFTAR
ISI................................................................................................... iii
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
belakang...................................................................................... 1
B. Rumusan
masalah................................................................................. 1
BAB
II PEMBAHASAN
A.
Bahasa pemrograman...................................................................... 2
B.
Aplikasi sofwere............................................................................. 8
C.
Sofwere aplikasi bisnis................................................................... 13
BAB
III PENUTUP
A.
Kesimpulaan......................................................................................... 18
B. Saran .................................................................................................... 18
C. DAFTAR PUSTAKA.......................................................................... 19
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi. Lewat
bahasa manusia dapat berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, manusia juga
menggunakan bahasa untuk membuat program dalam komputer.
Program dapat
diartikan suatu kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasinya yang disusun dan
dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk
menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa
pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer. Tujuan pembuatan program
untuk m empermudah user dalam memberikan instruksi / perintah ke komputer.
Suatu proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu
masalah (algoritma) dalam komputer disebut pemrograman.
B.
Rumus masalah
1. Apakah
pengertian dari bahasa pemrograman?
2. Bagaiman
cara mengatasi aplikasi sofwere?
3. Ada
berapakah jenis sofwere?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Bahasa
pemrograman
1.
Bahasa
pemrograman generasi pertama
Bahasa
Pemrograman Generasi Pertama adalah bahasa mesin atau level instruksi dan data
yang memerintahkan hardware komputer agar dapat bekerja dengan menggunakan
kode-kode biner (binary digit) terdiri dari angka 0 dan angka 1.
Disebut
generasi pertama karena merupakan jenis yang paling awal dikembangkan ahun
1940-an dan awal 1950-an semua program harus dikodekan dalam bahasa mesin,
sehingga pemograman dalah bahasa mesin:
·
Akan menyita waktu dan kondusif untuk membuat kesalahan.
·
Berbeda untuk setiap jenis computer, sehingga
tergantung pada computer dan tidak setandar.
Semua program harus ada dalam bahasa
mesin agar dapat dieksekusi, sehingga bahasa lain yang ditulis programmer perlu
diterjemahkan oleh computer ke bahasa mesin untuk eksekusi.
Bahasa pemrograman generasi pertama berorientasi pada mesin.
Program disusun dengan menggunakan bahasa mesin. Tentu saja program generasi
ini sangat sulit untuk dipahami oleh orang awam dan sangat membosankan bagi
pemrogram. Pemrogram harus benar-benar menguasai operasi komputer secara
teknis. Namun bahasa generasi ini memberikan eksekusi program yang sangat
cepat. Selain itu, bahasa mesin sangat bergantung pada mesin (machine dependent), artinya, bahasa mesin
antara satu mesin dengan mesin lainnya akan berbeda.
a.
Komputer
Generasi I (1940-1959)
ENIAC
Electronic
Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) merupakan generasi pertama komputer
digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. Pgamroposal ENIAC
dirancang oada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W.
Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering
(University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946.
ENIAC
berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500m2. ENIAC
menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000
kapasitor, dan 70.000 resistor. Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya
listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton, dan menempati
ruangan 167 m2.
Mesin Von Neumann
Mesin ini
dikembangkan oleh seorang ahli matamatika yaitu John Von Neumann yang juga
merupakan kosultan proyek ENIAC. Mesin ini dikembangkan mulai tahun 1945 yang
memberikan gagasan sebagai stored-program concept, yaitu sebuah konsep untuk mempermudah
proses program agar dapat direpresentasikan dalam bentuk yang cocok untuk
penyimpanan dalam memori untuk semua data. Gagasan ini juga dibuat hampir pada
waktu yang bersamaan dengan Turing. Selanjutnya Von Neumann mempublikasikannya
dengan nama baru yaitu: Electronic Discrete Variable Computer (EDVAC).
Von
Neumann juga merupakan orang pertama yang mencetuskan istilah “Game Theory”
yang kemudian berkembang menjadi ilmu tersendiri. Game theory bermanfaat untuk
mensimulasikan permainan, seperti catur, bridge, dan sejenisnya. Dia juga
bermanfaat untuk mensimulasikan perang.
Komputer Komersial Pertama
Pada
pertengahan tahun 1950 UNIVAC mengalami kemajuan dalam beberapa aspek
pemrograman tingkat lanjut, sehingga merupakan komputer general purpose pertama
yang didesain untuk menggunakan angka dan huruf dan menggunakan pita magnetik
sebagai media input dan output-nya. Inilah yang dikatakan sebagai kelahiran
industri komputer yang didominasi oleh perusahaan IBM dan Sperry. Komputer
UNIVAC pertama kali digunakan untuk keperluan kalkulasi sensus di AS pada tahun
1951, dan dioperasikan sampai tahun 1963.
2.
Bahasa pemrograman generasi kedua
Bahasa pemrograman generasi kedua
menggunakan bahasa rakitan (assembly). Sebagai pengganti kode-kode biner,
digunakanlah kependekan dari kata-kata. Misalkan “MOV” untuk menyatakan “MOVE”
dan JNZ yang berarti “jump non-zero”. Setiap instruksi dalam bahasa rakitan
sebenarnya identik dengan satu instruksi dalam bahasa mesin. Bahasa ini sedikit
lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin. Bahasa ini sedikit lebih mudah
dipahami daripada bahasa mesin mengingat perintah dalam bentuk kata-kata yang
dipendekkan lebih mudah daripada mengingat deretan angka biner.
Berikut adalah contoh instruksi yang
ditulis dalam bahasa rakitan akan menjadi seperti berikut:
Tampak bahwa penggunaan notasi
seperti MOV AH, 02 jauh lebih mudah diingat atau dipahami daripada penulisan
instruksi dalam bahasa mesin: B402 atau 1011 0100 0000 0010.
Second-Generation Language (2GL)
atau Bahasa Generasi 2 adalah bahasa pemrograman assembler atau bahasa
assembly yang sudah mengubah pernyataan dengan memasukkan unsur bahasa dalam
instruksinya meskipun singkat sehingga lebih mudah dibanding bahasa mesin.
Ciri-ciri
bahasa assembly:
·
Kode
ditandai dengan nama yang mudah diingat seperti ADD,SUB,dan MULT
·
Alamat
penyimpanan (storage addresses) nyata dimna data ditempatkan dapat
didefinisikan dengan nama-nama seperti AMT1 dan AMT2 untuk memudahkan rujukan.
Sama seperti bahasa mesin, bahasa
assembly tergantung computer (tidak portable). Untuk bahasa assembly masih
digunakan karena begitu mirip dengan bahasa mesin dengan kode yang sangat
efisien untuk membuat sytem software lebih disukai menggunakan bahasa assembly
karena sangat efisien dalam penggunaan computer(butuh memori yang kecil).
3.
Bahasa pemrograman generasi ketiga
Bahasa pemrograman generasi ketiga
menggunakan pendekatan prosedural. Sebagai bahasa prosedural, pemrogram perlu
menuliskan instruksi-instruksi yang rinci agar komputer melaksanakan tugasnya.
Program ditulis dengan menggunakan kata-kata yang biasa dipakai manusia,
seperti WRITE untuk menampilkan sesuatu di layar dan READ untuk membaca data
dari keyboard.
Bahasa generasi ketiga seringkali
disebut sebagai high level language disebabkan bahasa ini menggunakan
kata-kata yang biasa digunakan manusia. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang
masuk dalam kategori generasi ketiga yaitu ADA, ALGOL, C, BASIC, COBOL,
FORTRAN, dan PASCAL.
Third-Generation Language (3GL) atau
Bahasa Generasi 3 adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dengan
memasukkan unsur kata yang dapat dimengerti karena pemrosesan program oleh
komputer melalui tahap-tahap berikut :
a.
Tahap
1: Compilation (Compiler) yaitu suatu perangkat lunak yang berfungsi
menterjemahkan bahasa pemrograman tingkat tinggi menjadi bahasa mesin oleh
Compiler karena sebenarnya komputer hanya dapat mengerti bahasa mesin saja.
b.
Tahap
2 : Link yaitu berfungsi untuk menghubungkan program yang telah diubah ke
bahasa mesin tadi dengan fungsi pustaka dan informasi tentang karakteristik mesin
komputer yang digunakan.
c.
Tahap
3 : Execution yaitu tahapan dimana program akan diproses mesin sehingga
menghasilkan keluaran yang dikehendaki oleh programmer.
Contoh
bahasa tingkat tinggi:
FORTRAN, COBOL, PASCAL,BASIS,MODULA-2,dll.
4.
Bahasa pemrograman generasi keempat
Bahasa pemrograman generasi keempat
dirancang untuk mengurangi waktu pemrograman dalam membuat program sehingga
diharapkan produktifitas pemrogram jadi meningkat dan program dapat dibuat
dalam waktu yang lebih singkat. Alhasil, bahasa pemrograman generasi keempat
yang dikenal dengan sebutan 4GL dapat dipakai oleh pemakai yang kurang
mengetahui hal-hal teknis tentang pemrograman tanpa bantuan pemrogram
profesional. Sebagai contoh pemrogram dapat membuat program dengan Microsoft
Access di lingkungan PC dengan mudah.
Bahasa pemrograman generasi keempat
biasa disebut sebagai high level language atau bahasa berorientasi
pada masalah (problem oriented language) karena memungkinkan pemakai
menyelesaikan masalah dengan sedikit penulisan kode dibandingkan pada bahasa
prosedural. Bahasa pemrograman generasi keempat menggunakan pendekatan
non-prosedural. Untuk mendapatkan suatu hasil, seorang pemakai tidak perlu
memberitahukan secara detail tentang bagaimana mendapatkannya. Gambar di bawah
ini memberikan contoh yang menunjukkan perbedaan bahasa prosedural dan
non-prosedural dalam memperoleh data tentang seorang mahasiswa.
Fourth-Generation Language
(4GL) adalah bahasa pemrograman yang telah didesain lebih
“natural”,sehingga makin mudah digunakan karena sudah mendekati bahasa
percakapan sehari-hari dan sudah dapat untuk mengakses database. Contoh : LIST
NAMA, ALAMAT, NILAI FOR NILAI > 7 .
Ciri-ciri 4GL:
· Mudah untuk dipelajari dan dipahami
· Tepat untuk mengakses database
· Memfokuskan pada memaksimalkan
produktivitas manusia dari pada minimisasi waktu computer
· Tersedia dalam software paket
yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang diinginkan.
B.
Aplikasi Sofwere
1.
Software aplikasi adalah perangkat
lunak penunjang produktivitas kerja yang memberika peranan dan manfaat dalam
optimalisai mutu kerja.
2.
Software aplikasi adalah suatu subkelas
perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan
suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat
lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak
secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas
yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah
pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media. suatu subkelas perangkat
lunak komputer
yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang
diinginkan pengguna.
Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem
yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung
menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan
pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah
kata, lembar
kerja, dan pemutar
media. Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi
suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi
(application suite). Contohnya adalah Microsoft
Office dan OpenOffice.org,
yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa
aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna
yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan
menggunakan tiap
aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu
sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat
dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi
lembar kerja yang terpisah.
3.
Software
aplikasi adalah suatu program Komputer yang berfungsi untuk melakukan
tugas-tugas khusus, seperti membuat Document, memanipulasi foto, membuat
laporan keuangan atau merancang rumah.
4.
Software
aplikasi adalah program komputer yang mengandalkan perintah-perintah yang
disampaikan oleh seorang user atau pengguna komputer agar aplikasi tersebut
dapat berjalan sesuai perintah si pengguna tersebut. Software aplikasi dibuat
untuk digunakan melakukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan komputer.
Dengan adanya software aplikasi ini seorang User atau pengguna komputer dapat
mempermudah pekerjaan mereka secara instant.
5.
Software
aplikasi merupakan perangkat lunak yang biasa digunakan oleh siapa saja untuk
membantu pekerjaannya. Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di install
di dalam komputer kita.
Application Software dapat dikelompokkan menjadi dua
macam, yaitu
1.
Program
Aplikasi, Program aplikasi merupakan program yang langsung dibuat oleh seorang
programmer yang disesuaikan dengan kebutuhan seseorang ataupun untuk kebutuhan
suatu perusahaan, biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa pemrograman.
Misalnya menggunakan visual basic, PHP ataupun bahasa pemrograman apa saja yang
mendukung. Contoh dari program aplikasi adalah : Program penggajian karyawan
(Payroll) Program penjualan tiket pesawat/kapal Laut Program kasir Program
billing warnet/wartel
- Program Paket, Program paket merupakan program khusus dalam paket- paket tertentu yang dibuat oleh software house ataupun langsung bawaan dari suatu Sistem Operasi.Dibawah ini akan diberikan contoh macam-macam program aplikasi paket, yaitu :
- Program pengolah kata, contohnya adalah : Microsoft Word, Open Office.org Writter, ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K Writter, Amipro, dan lain-lain.
- Program pengolah angka, contohnya adalah : Microsoft Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dan lain-lain.
- Program presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power point, Open Office.org Impres, Magic Point, Corel Presentation, Apple Work, dan lain-lain.
- Program design grafis, contohnya adalah : Adobe Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad, dan lain-lain.
- Program browser, contohnya adalah : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Communicator.
- Program database, contohnya adalah : Microsoft Access, Open Office.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dan lain-lain.
- Program animasi, contohnya adalah : Macromedia Flash, Swish, dan lain-lain.
- Program multimedia, contohnya : Windows Media Player, WinAmp, Cyberlink, Real Player, DVD Player,
Software aplikasi terdiri dari :
ü Bahasa pemrograman (programming
language)
ü Program aplikasi (Application Program)
ü Program paket / paket aplikasi
(packet program)
ü Program utilitas (utility program)
ü Games dan entertainment dan
lain-lain
Untuk mendukung operasi software
aplikasi di atas tugas pengguna komputer dibagi menjadi :
ü analis system
ü programmer
ü operator
ü administrator database, yaitu orang
yang bertugas melakukan definisi dan manipulasi software database. Ini
dibutuhkan jika software yang dioperasikan akan menggunakan aplikasi database.
ü administrator jaringan, yaitu orang
yang bertugas mengelola software system operasi, software aplikasi yang
digunakan dalam sebuah jaringan komputer.
Dari segi kegunaan dan manfaatnya,
dibagi 3 jenis software aplikasi. Jenis-jenis software aplikasi tersebut adalah
:
1. Software aplikasi media pekerjaan
Software
aplikasi sebagai media pekerjaan adalah software atau program komputer yang
digunakan untuk mempermudah dalam bidang pekerjaan. Contoh software aplikasi
dalam mempermudah bidang pekerjaan adalah :
a.
Microsoft
Office : digunakan dalam pengolahan data seperti pembuatan surat.
b.
Corel
Draw : digunakan dalam pembuatan logo, kartu nama, design kaos, dan lain lain.
c.
PhotoShop
: digunakan dalam memanipulasi foto, design brosur, design kaos, design logo
dan lain sebagainya.
d.
Adobe premiere pro : digunakan dalam
penyuntingan video, tanpa aplikasi ini mungkin tidak ada hasil film sebagus
seperti sekarang.
2. Software aplikasi media hiburan
Software
aplikasi sebagai media hiburan adalah merupakan program yang paling sering
digunakan atau dipakai ketimbang aplikasi yang berguna di bidang pekerjaan.
Dari fungsi sendiri pastinya teman-teman sudah tau, dan menurut saya tidak
perlu diperjelas lagi tentang hal ini, hehe. Contoh aplikasi yang paling
dominan pada media hiburan adalah software game.
3. Software aplikasi media komunikasi
Software
aplikasi sebagai media komunikasi adalah software yang digunakan seorang
pengguna komputer agar dapat saling berhubungan atau berkomunikasi dengan
pengguna komputer lain di berbagai tempat maupun berbagai belahan dunia.
Sebenarnya mungkin banyak sekali aplikasi yang berfungsi sebagai media
komunikasi, namun disini saya hanya akan memperjelas tentang satu program saja.
Contoh
dari semua aplikasi media komunikasi salah satunya adalah Yahoo Messengger atau
yang sering kita sebut dengan “YM”. Aplikasi ini dapat berbagi obrolan yang
berupa beberapa teks atau kalimat dari orang satu ke orang yang lain, namun
dengan catatan merka harus saling terhubung satu sama lain. Tidak hanya obrolan
melalui teks, mereka juga dapat saling bertatap muka melalui WebCam.
a.
Sistem
Software
ü Adalah sekumpulan program yang
ditulis untuk melayani atau menunjang program lainnya. Beberapa sistem software
seperti compiler, Komponen pengumpul data : yang mengumpulkan dan menyusun
informasi dari lingkungan external.
ü Komponen analisis : yang mentransformasikan
informasi yang diperlukan oleh aplikasi
ü Komponen kontrol : yang memberikan
respon kepada lingkungan external
ü Komponen monitor : yang
mengkoordinasi semua komponen-komponen lainnya, sehingga respons real time yang
berkisar 1 milisecond sampai 1 menit dapat dipertahankan.Perlu dicatat bahwa
istilah real time berbeda dari istilah interactive atau time sharing. Sistem
real time harus memberikan respons pada waktu yang ditentukan, sedangkan pada
sistem interactive atau time sharing respons time biasanya melebihi batas waktu
yang ditentukan tanpa merusak hasil.
ü editor, komponen-komponen sistem
operasi, driver dan prosesor telekomunikasi. Real Time software Software yang
mengukur, menganalisis dan mengontrol kejadian yang sesungguhnya terjadi di dunia.
Elemenelemen
C.
Sofwere Aplikasi Bisnis
Aplikasi
bisnis yaitu suatu aplikasi komputer atau perangkat lunak komputer untuk
menunjang kegiatan bisnis suatu perusahaan. aplikasi ini kebanyakan digunakan
untuk bisnis lewat media internet. Pada dasarnya teknologi informasi (aplikasi
bisnis salah satunya) dapat dan memang sebaiknya dimanfaatkan oleh pelaku usaha
untuk membuat usahanya semakin efisien, dan mendorong usaha tersebut memiliki
daya saing yang lebik dibanding usaha lainnya. Beberapa manfaat yang bisa
dirasakan pelaku usaha diantaranya adalah
·
Pemasaran
bisa lebih luas dan murah (internet marketing)
·
Perubahan
desain bisa disimulasikan/dicoba coba dulu tanpa takut rusak, kehabisan bahan,
dll (Fotoshop, paint, dll)
·
Prmosi bisa lebih menarik
·
Pengelolaan
keuangan lebih cepat dan mengurangi risiko penyelewengan (aplikasi akuntansi)
·
Berbagai
Informasi pelanggan bisa disimpan
·
Pelayanan bisa lebih cepat, contoh dengan
barcode, kasir tidak perlu lagi mengetik kode barang
·
Prediksi
penjualan bisa dilakukan
·
Dan
masih banyak lagi:
·
Skala
usaha masih terlalu kecil (meskipun banyak juga usaha kecil menjadi cepat besar
karena memanfaatkan teknologi ini)
·
Biaya
yang diperlukan lebih besar dari keutungan yang bisa diperoleh
·
Tidak
ada SDM/karyawan yang bisa mengurus atau menanganinya
·
Karakteristik
produk yang tidak mungkin dipasarkan secara umum
Lepas
dari hal tersebut di atas, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan oleh
pelaku usaha untuk mempermudah megelola usahanya. Disamping tidak perlu membeli
(karena ada versi yang gratis), aplikasi tersebut juga relatif mudah digunakan.
Beberapa aplikasi tersebut diantaranya adalah :
1.
QSB
Aplikasi ini bermanfaat untuk membantu pelaku usaha dalam hal
Aplikasi ini bermanfaat untuk membantu pelaku usaha dalam hal
·
Meramalkan
nilai penjualan di masa yang akan datang dengan berbagai metode dan pendekatan
·
Menentukan
jumlah produksi yang paling ‘pas’ dan perubahan yang diijinkan
·
Pembagian
tugas karyawan yang paling efisien
·
Menentukan
lokasi usaha yang paling optimal
·
Menentukan
alokasi pengiriman barang
·
Menyelesaiakan
masalah antrian yang terjadi
·
Dan
masih banyak lagi
2.
QM
for Windows
Aplikasi ini manfaatnya sama dengan aplikasi QSB di atas, namun versi gratisnyasudah tersedia di internet, hanya saja tidak semua fasilitas bisa digunakan.
Aplikasi ini manfaatnya sama dengan aplikasi QSB di atas, namun versi gratisnyasudah tersedia di internet, hanya saja tidak semua fasilitas bisa digunakan.
3.
Invest
Aplikasi ini bermanfaat untuk pelaku usaha yang memiliki dana mengganggur dan ingin diinvestasikan ke surat berharga (Investasi ini tidak monopoli pengusaha dengan dana besar, UMKM pun bisa). Denga aplikasi ini, pelaku usaha akan dibantu menempatkan dana menganggurnya dengan pertimbangan-pertimbangan yang lebih bisa dipertanggung jawabkan.
Aplikasi ini bermanfaat untuk pelaku usaha yang memiliki dana mengganggur dan ingin diinvestasikan ke surat berharga (Investasi ini tidak monopoli pengusaha dengan dana besar, UMKM pun bisa). Denga aplikasi ini, pelaku usaha akan dibantu menempatkan dana menganggurnya dengan pertimbangan-pertimbangan yang lebih bisa dipertanggung jawabkan.
4.
CDP
Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha yang sering dihadapkan pada banyak pilihan, ketika akan memutuskan sesuatu, misalnya :
Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha yang sering dihadapkan pada banyak pilihan, ketika akan memutuskan sesuatu, misalnya :
·
Mesin
dengan merk apa yang akan dipilih
·
Jenis
transportasi apa yang akan dipakai untuk mengirim barang
·
Pemasok
mana yang akan dipilih
·
Bentuk
dan bahan kemasan yang akan digunakan, dll
5.
OpenOffice
Aplikasi ini menjadi pilihan apabila pelaku usaha ingin membuat dan mencetak berbagai dokumen usaha (surat penawaran, daftar barang, dll). Dengan aplikasi ini pula pelaku usaha bisa membuat anggaran, mengevaluasi kinerja/hasil usaha. Pelaku usaha juga bisa melakukan presentasi dengan lebih menarik dengan bantuan aplikasi ini, dan beberapa manfaat penting lainnya.
Aplikasi ini menjadi piliha, bila pelaku usaha tidak memiliki usaha untuk membeli Microsoft Office (Word, Excel, Power point, Access ), atau takun berdosa karena membeli bajakannya.
Aplikasi ini menjadi pilihan apabila pelaku usaha ingin membuat dan mencetak berbagai dokumen usaha (surat penawaran, daftar barang, dll). Dengan aplikasi ini pula pelaku usaha bisa membuat anggaran, mengevaluasi kinerja/hasil usaha. Pelaku usaha juga bisa melakukan presentasi dengan lebih menarik dengan bantuan aplikasi ini, dan beberapa manfaat penting lainnya.
Aplikasi ini menjadi piliha, bila pelaku usaha tidak memiliki usaha untuk membeli Microsoft Office (Word, Excel, Power point, Access ), atau takun berdosa karena membeli bajakannya.
Contoh-contoh aplikasi bisnis:
Word Processing
- Microsoft Word
- Wordstar
Spreadsheet
- Microsoft Excel
- Lotus 123
Presentation
- Microsoft PowerPoint
- Macromedia Flash
Database
- Microsoft Access
- Base
Software note taking
- Microsoft OneNote
- Evernote
- UberNote
Software Personal Information
Manager
- Microsoft Outlook
- Lotus Organizer
- Computer Organizer
Bussiness Software for Phones
- Documents To Go 3.0 Main App
- Adao File Manager
- Tungle.me
Bussiness Software Suite
- Microsoft Office
- Kingsoft Office
- Star Office
Project Management
- Onyaka
- Side Job Track
- Basecamp
Accounting
- E-Accounting
- Bee Accounting
- Omega Accounting
Document Management
- Microsoft Document Imaging
- doQuments
- DocMoto
- infoRouter
Enterprise Computing
- Enterprise Resource Planning System (ERPs)
- Content Management System (CMS)
- Human Resource Management Systems (HRM)
- Project Planning Tool
BAB III
PENUNUTUP
A.
Kesimpulan
Perkembangan software dari masa ke masa selalu mengalami
peningkatan. Pada awalnya software bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai
kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu software diciptakan
hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya
sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman
software ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang
industri dan penelitian.
Oleh karena itu, kata dasar software berasal dari kata
“software” yang berarti menghitung dengan kata lain komputer berati alat
penghitung. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage, kecerdasannya
logika matematikanya yang sangat sepesial membuatnya mampu menciptakan sebuah
mesin yang dia sebut dengan nama Analytical Engine pada tahun 1882, sebuah
mesin yang berfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan umum.
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat
kita temukan software. Sekarang software sangat berkembang pesat hampir setiap
tahun software selalu mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan computer
dimana saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model
dan design dari software itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila
orang ingin menggunakan computer maka hanya bias di kantor atau dirumah, kalau
sekarang mereka bias menggunakan computer tersebut dimana saja yang mereka
inginkan.
B.
Saran
Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar
perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan
masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya
kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.
Diharapkan dengan adanya teknologi computer dan softwarenya dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.
Kemajuan computer software dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi.
Diharapkan dengan adanya teknologi computer dan softwarenya dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.
Kemajuan computer software dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar